Seri Diskusi Populisme

0
425

Agrarian Resources Center (ARC) kembali menggelar seri diskusi. Tema yang akan melatari seri diskusi kali ini adalah populisme. Sebagai suatu pandangan politik yang merentang dari kiri ke kanan, populisme memiliki elastisitas untuk tumbuh dan meluas dalam semua situasi politik. Bahkan dalam sebuah rezim yang otoritarian atau dalam situasi politik yang demokratis sekalipun.

Authoritarian populism, sebagaimana kita pahami, merupakan bagian dari populisme dengan suatu kategori yang luas dan terkadang bermasalah. Politik kanan sering menggunakan “populisme” sebagai sinonim penghasutan. Sedangkan kaum kiri, terutama di Amerika Latin, menggunakannya untuk menyerang, bahkan sebagai ciri pemerintahan progresif atau anti imperialis berbasis multi kelas, yang mengklaim membela kepentingan “populer” atau nasional, bukan hanya kelas pekerja.

Sedemikian rumitnya cara memahami populisme, maka dirasa perlu untuk memperdalam pemahaman diskursus populisme berserta perkembangannya dalam konteks masa kini. Pendalaman diskursus ini akan dilaksanakan melalui guliran seri diskusi dalam kerangka tiga sub tema. Pertama, sejarah dan pemahaman dasar tentang populisme. Kedua, populisme agraria. Terakhir, populisme otoritarian.

Dengan memahami ketiga sub tema tersebut, diharapkan akan membuat gambaran yang utuh terkait wacana populisme, baik sebagai kajian teoritik maupun sebagai suatu gerakan politik.

Seri diskusi ini terbuka untuk umum, khususnya kalangan yang tertarik pada isu-isu sosial dan agraria. Baik dari kelompok gerakan (aktivis), kelompok mahasiswa juga dosen, pegiat NGO, dan kalangan lainnya. Jumlah peserta dibatasi hanya 15-30 orang, sesuai dengan kapasitas tempat kegiatan. Sehingga kami harap, siapa pun yang tertarik agar mendaftar terlebih dahulu di bit.ly/SeriDiskusiPopulisme.

Kegiatan seri diskusi ini direncananakan akan dilaksanakan tiga kali dalam waktu sebagai berikut:

  • Jumat, 13 Maret 2020, jam 14.00 – 16.00 WIB: “Sejarah Politik Populisme”
  • Kamis, 9 April 2020, jam 14.00 – 16.00 WIB: “Populisme Agraria”
  • Kamis, 16 April 2020, jam 14.00 – 16.00 WIB: “Otoritarian Populisme”

Seluruh rangkaian diskusi akan dilaksanakan di Sekretariat ARC, Jl. Ski Air, No. 20, Arcamanik, Bandung. Informasi lebih lanjut bisa diperoleh dengan cara menghubungi 0895-3765-58210 (khusus WhatsApp).