Diskusi : “Reforma Agraria Perspektif Internasional”

0
784

Pertarungan paradigma dan penerapannya sejak perang dingin hingga era pencaplokan tanah (land grabs) global

Selain menyelenggarakan Pelatihan Critical Agrarian Studies of Indonesia (CASI) dan Seri Diskusi Tematik, ARC juga menyelenggarakan rangkaian diskusi (terbuka) untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa dan peneliti muda untuk bertukar pengetahuan dan menggali pengalaman dari sejumlah akademisi dan peneliti senior baik yang berasal dari Indonesia maupun manca negara.

Untuk putaran ke-5 mendatang tema diskusinya adalah: “Reforma Agraria, perspektif internasional: Pertarungan paradigma dan penerapannya sejak perang dingin hingga era pencaplokan tanah (land grabs) global”.

Tema ini ini dipilih sesuai dengan permintaan sejumlah peserta diskusi pada putaran sebelumnya yang hendak memahami dinamika ekonomi-politik internasional yang bekerja di belakang pelaksanaan reforma agraria di sejumlah negara sejak era perang dingin hingga sekarang.

Dalam diskusi putaran ke-5 akan dihadirkan dua orang pembicara, yakni:

Dianto Bachriadi, Ph.D (Peneliti Agrarian Resources Center / ARC) dan
Hendro Sangkoyo (Pelajar di Sekolah Ekonomika Demokratik/SDE – Indonesia).

Pokok bahasan oleh Dianto Bachriadi adalah tinjauan historis pertarungan paradigma dan wacana di balik penerapan reforma negara di sejumlah Negara sejak era perang dingin, termasuk adopsi konsepsi reforma agraria dalam kebijakan pembangunan global, pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia, serta kebijakan pangan dunia (global food policy).

Hendro Sangkoyo akan menguraikan kecenderungan mutakhir aktivitas pencaplokan tanah secara global (global land grabs) khususnya sejak krisis ekonomi Asia di akhir 1990an. Uraian ini diharapkan dapat memperjelas posisi gagasan dan praktek reforma agraria, khususnya di Indonesia, dan dinamika ‘gerakan sosial’, yang mengusung kembali gagasan ini sejak 3 dekade yang lalu, di tengah-tengah kecenderungan global pencaplokan tanah saat ini.

Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal  : Rabu, 8 November 2017
Waktu             : 13.00 WIB – selesai
Tempat            : Sekretariat ARC, Jl. Ski Air no. 20, Arcamanik – Bandung

Untuk konfirmasi kehadiran silahkan menghubungi M. Syafiq G. di no : 022 – 723 7799; Whatsapp (WA) : 0895 3765 58210 atau via email di arc.indonesia@gmail.com.