CATATAN PERJALANAN – MENGIKUTI MILAD FORUM SEKOLAH BERSAMA (SEKBER) – YOGYAKARTA, 29 MEI 2016

0
470

CATATAN PERJALANAN

MENGIKUTI MILAD FORUM SEKOLAH BERSAMA (SEKBER)

YOGYAKARTA, 29 MEI 2016

Minggu, 29 Mei 2016, Forum Sekolah Bersama (Sekber) Yogyakarta memperingati hari lahirnya yang ke-14 dengan tema “Berjuanglah Terus Bersama Rakyat”. Sekber merupakan komunitas yang didirikan tanggal 25 Mei 2002. Latar belakang didirikannya Sekber adalah sebagai bentuk perwujudan dari nilai-nilai Kedaulatan Rakyat. Peringatan milad Sekber tahun ini dirayakan di Sekretariat Mahasiswa Nusa Tenggara Barat (NTB) Jalan Batikan No. III Yogyakarta.

Berdasarkan keterangan Enda (Ketua Komite Forum Sekber), bahwa sebelumnya panitia pelaksana milad telah melakukan konsolidasi terkait tempat yang akan digunakan untuk acara milad. Salah satu tempat yang rencananya akan digunakan acara milad adalah Parkiran Kampus UIN Sunan Kalijaga. Namun, bersamaan dengan ramainya pelarangan untuk event-event ‘komunitas yang berbau gerakan kiri’ ini perizinan oleh pihak kampus pun dipersulit. Menurut Enda, jika tahun lalu pihak kampus hanya meminta berupa surat izin untuk pihak kampus, maka untuk perizinan tahun ini pihak panitia pelaksana pun dipusingkan dengan perizinan yang rumit. Mulai dengan harus dilengkapi TOR dan rangkaian acara. Namun, setelah panitia melengkapi persyaratan itu pun, maka pihak kampus kemudian memberikan alasan jika tempatnya sedang akan dalam proses perbaikan. Maka, panitia pun diminta menunggu. Namun, alasan lain pun muncul, jika acara milad tersebut harus mendapat surat izin dari kepolisian setempat.

Terhalang perihal perizinan dengan pihak kampus tersebut, maka akhirnya acara milad pun dilaksanakan di Sekretariat Mahasiswa NTB. Namun, dalam pelaksanaannya tidak mengurangi kemeriahan dan luapan kegembiraan dari para anggota Forum Sekber yang berasal dari kampus-kampus yang tersebar di Yogjakarta. Acara berlangsung sejak pukul 15.00 – 22.00 WIB. Acara formal dimulai dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama diisi oleh Ketua Panitia dan Ketua Komite Sekber, dan selanjutnya sambutan dari tamu undangan, baik dari basis dan aktivis pengorganisasian Sekber,

Adapun diantaranya yang turut berpartisipasi dalam kegiatan milad tahun ini yaitu, basis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rukun Tani Indonesia (RTI), Rukun Tani dan Nelayan (RTN), Pemuda Anti Didactor (Predator), Gerakan Rakyat Indonesia (GRI), Masyarakat Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta, dan Mahasiswa Nusa Tenggara Barat (NTB), serta perwakilan dari Agrarian Resource Center (ARC) Bandung yaitu Lina Marina Rohman dan Sityi Maesarotul Qori’ah sebagai tamu undangan. Masing-masing perwakilan dari organisasi menyampaikan sambutannya, termasuk perwakilan dari ARC Bandung oleh Lina Marina Rohman. Inti sambutan perwakilan ARC Bandung menyampaikan ucapan selamat atas hari lahirnya Sekber ke-14 dan harapan ke depan untuk Sekber supaya terus berjuang di garda terdepan bersama rakyat.

Keluarga Besar Forum Sekolah Bersama (Sekber)

Kami berdua merasa bangga bisa menghadiri acara tersebut, karena bagi kami sejatinya menjadi mahasiswa adalah bagaimana cara untuk menjadi wakil-wakil rakyat yang senantiasa memperjuangkan hak-hak rakyat yang terus mengalami ketertindasan. Penutupan acara dimeriahkan dengan pesta panggung rakyat, bersamaan dengan pesta panggung rakyat panitia pun melakukan pemutaran dokumentasi perjalanan perjuangan mereka bersama rakyat ataupun proses mereka memperjuangkan hak-haknya di ranah kampus. Salah satunya, berjuang bersama melawan pembangunan Bandara Wahana Tri Tungal (WTT) Kulonprogo Yogyakarta. Forum Sekber merupakan organisasi mahasiswa yang melakukan advokasi dan berjuang bersama rakyat agar pembangunan bandara tersebut tidak diteruskan, karena hanya menyengsarakan rakyat di Kulonprogo dengan menggusur lahan-lahan pertaniannya. Selain itu, acara dimeriahkan pula dengan kehadiran beberapa kreatifitas genre musik yang dimainkan oleh perwakilan organisasi. Dan terakhir pemotongan nasi tumpeng sebagai simbol puji syukur dan berdoa menurut kepercayaan masing-masing. Acara pun diakhiri dengan melantangkan suara bersama-sama seluruh keluarga besar Sekber yaitu, “Berbareng Bergerak Merebut Kedaulatan Wujudkan Demokrasi Tuntaskan Revolusi Bersatu Kita Menggempur Bercerai Kita Menghimpun”.

Bandung, 10 Juni 2016

Lina Marina dan Sityi Maesarotul Qoriah