Seri Diskusi Aspek Agraria di Lahan Gambut

0
284

Degradasi lahan gambut di Indonesia yang berujung pada kebakaran telah menarik perhatian internasional tentang pengelolaan lahan gambut dan dampak yang ditimbulkan dari ekspansi manusia.

Kerusakan dan potensi kehilangan karbon ini pula mendorong kucuran dana yang besar yang mengalir dalam bentuk mekanisme “pembangunan bersih” maupun transaksi dalam pasar karbon. Akan tetapi lahan gambut bukanlah tempat yang kosong, masyarakat telah lama tinggal dan beradaptasi.

Perubahan yang terjadi di lahan gambut telah berlangsung lama, dari dimulainya introduksi tanaman komoditas, proyek kanalisasi pemerintah, ekspansi perkebunan swasta dan bisnis karbon. Perubahan-perubahan itu berkaitan dengan tatanan pedesaan dan ekologi gambut itu sendiri.

Lalu bagaimana dinamika yang terjadi di lahan gambut? Apa perubahan-perubahannya dan mengapa? Bagaimana kaitannya dengan degradasi, kebakaran dan kemiskinan?

Ikuti Seri Diskusi Agraria Gambut I, dengan topik “Penguasaan Tanah Gambut di Tanjung Leban, Riau” yang akan dibawakan oleh Prof. Kosuke Mizuno dan ditanggapi oleh Izzuddin Prawiranegara, pada

Rabu, 27 April 2022
19.30-selesai WIB
Perpustakaan ARC dan Zoom Meeting

Diskusi yang terbuka untuk umum ini dilaksanakan secara offline (terbatas untuk 10 orang, menyesuaikan dengan protokol kesehatan) dan online. Silakan daftar melalui s.id/SeriDiskusiGambut

Narahubung: 0895-1399-7544 (WhatsApp ARC)