Politik Masyarakat Sipil Internasional: Strategi Transgressing Via Campesina dalam Memperjuangkan Hak Asasi Petani

0
610
Foto salah-satu sesi dalam Konferensi Internasional La Via Campesina ke-6 di Jakarta, Juni 2013. ©viacampesina.org

Artikel hasil penelitian Virtuous Setyaka ini hendak mendiskusikan politik masyarakat sipil–khususnya gerakan petani–internasional yang tergabung dalam La Via Campesina (LVC), sebuah gerakan petani internasional yang terbentuk pada tahun 1993. Dalam memperjuangkan hak asasi petani, La Via Campesina menggunakan strategi dan taktik transgressing, baik transgressing issues maupun transgressing movements, dan scale shift.

Melalui transgressing issue, LVC menjadikan isu agraria sebagai hak-hak petani. Sedangkan dengan transgressing movements, mereka memperjuangkan lahirnya Deklarasi Hak-hak Petani dan Kelompok Masyarakat Lainnya yang Bekerja di Pedesaan di Dewan HAM Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Singkatnya, transgressing issues dan transgressing movements digunakan LVC untuk memperdalam isu tuntutan dan memperluas area politik perseteruan. Di antara kedua transgressing itu, LVC melakukan pergeseran skala atau scale shift, istilah lain untuk internasionalisasi gerakan sebagai proses politik dari tingkat lokal hingga global.

Unduh dan baca lebih lanjut kertas kerja Virtuous Setyaka, “Politik Masyarakat Sipil Internasional: Strategi Transgressing Via Campesina dalam Memperjuangkan Hak Asasi Petani”.