Podcast ARC: Kanal Distribusi Pengetahuan Agraria Kritis dalam Bentuk Audio

0
99

Agrarian Resource Centre merupakan lembaga kajian sosial independen yang terbentuk pada tahun 2005. Kami dibentuk dalam rangka mengisi kekosongan kerja-kerja penelitian dan kajian kritis di bidang agraria, khususnya yang dilakukan oleh peneliti-peneliti muda. 

Podcast ARC merupakan kanal distribusi pengetahuan agraria kritis dalam bentuk audio.

***

Episode I: Kajian Agraria Kritis 
kolase oleh Dzulfiusi R

Apa yang bisa kita bayangkan ketika muncul istilah agraria? Dan apa sebenarnya yang dibicarakan dalam kajian agraria?

Definisi dari istilah agraria tidak sekadar berkaitan dengan aspek fisik atas “ruang hidup”. Namun, perlu diingat bahwa agraria merupakan ruang hidup manusia. Agraria sebagai “ruang hidup manusia” berarti menyangkut pula aspek sosial darinya—ia menyangkut struktur sosial yang terbangun di atas pengelolaan sumber daya agraria, hubungan-hubungan kerja hingga pengaturan segala aktivitas produktif di atas tanah. Karenanya, kajian agraria sebagai kajian sosial mesti memperhatikan berbagai relasi dan dinamika struktur sosial dalam mengelola, memanfaatkan, dan mengatur lingkungan alam untuk keberlangsungan penghidupan.

Tetapi, kajian agraria kini pada umumnya masih menggunakan pendekatan legal formal semata. Padahal, jika kita setia pada aspek sosial dari manusia kita dapat mengemukakan struktur dan relasi kuasa yang mengkondisikan relasi hak dalam struktur agraria. Inilah yang dipertimbangkan oleh kajian agraria “kritis”.

Bagaimana agar kita bisa memperoleh pemahaman struktur agraria secara lebih kritis? Apa saja rumusan komponen dan elemen kunci yang perlu diperhatikan dalam “kajian agraria kritis”? Simak selengkapnya pada podcast perdana kami berjudul “Kajian Agraria Kritis” lewat Spotify atau Youtube Agrarian Resource Center.