Frequently Asked Questions (FAQ) TPSA 2022

0
184

Halo kawan-kawan!

Bagi yang belum mendaftar TPSA Angkatan VII – Tahun 2022 karena masih kebingungan dengan persyaratan, mekanisme pendaftaran maupun pelaksanaan TPSA, panitia TPSA 2022 menyediakan rangkuman informasi yang disajikan melalui frequently asked questions (FAQ) berikut ini:

Apa itu TPSA?

Training Penelitian Sosial dan Agraria (TPSA) merupakan salah satu bagian dari kegiatan pelatihan kajian agraria kritis ARC yang ditujukan bagi semua orang yang memiliki minat serius pada penelitian, khususnya pada bidang sosial dan agraria. Tujuan TPSA ini tidak terlepas dari misi ARC untuk menyediakan informasi, dokumentasi, dan analisis kritis tentang permasalahan agraria di Indonesia.

Siapa saja yang boleh mendaftar TPSA 2022?

Siapa pun boleh mendaftar, selama punya ketertarikan pada isu sosial dan agraria: mahasiswa, aktivis, pegiat NGO, dosen, dsbnya, bisa mendaftarkan diri!

Jumlah peserta dibatasi hanya 25 orang, diseleksi berdasarkan concept note yang dikirim.

Berapa biaya pendaftarannya?

Gratis! Calon peserta tidak dipungut biaya pendaftaran sepeser pun. Kalau kawan-kawan lolos seleksi, biaya akomodasi, transportasi, dan konsumsi ditanggung sendiri ya.

Dimana kegiatannya berlangsung?

Sekretariat ARC – Jl. Ski Air No. 20 Arcamanik, Bandung

Apa saja kegiatannya?

TPSA 2022 akan berlangsung selama 9 hari. Rangkaian kegiatan dari TPSA 2022 meliputi presentasi concept note, pemaparan materi, coaching atau bimbingan intensif kawan-kawan oleh para peneliti ARC, serta presentasi desain riset kawan-kawan yang akan diikuti oleh diskusi dan masukan dari para penanggap yang terdiri dari peneliti senior, baik dari dalam maupun luar ARC.

Apa saja yang mesti dipersiapkan sebelum mendaftar?

  1. Menyiapkan concept note. Panduan membuat concept note dapat dilihat di sini. Kami anjurkan kawan-kawan mendiskusikan rencana concept note bersama panitia TPSA 2022 melalui whatsapp ARC.
  2. Berkomunikasi dengan pihak yang diajukan sebagai referee.
  3. Mendaftar sebelum tanggal 30 November 2022 di sini.
  4. Pastikan kawan-kawan sudah mengalokasikan waktu selama 9 hari, 9 – 17 Desember 2022, untuk mengikuti kegiatan TPSA 2022 secara penuh di Sekretariat ARC.

Apa itu referee? Siapa saja yang bisa dijadikan referee?

Referee merupakan orang yang mengenal baik dan atau mengetahui minat, kemampuan, serta kesungguhan kawan-kawan untuk belajar penelitian sosial, dan agraria. Referee biasanya adalah dosen, mentor, atau rekan kerja di tempat kerja ataupun organisasi.

Apa itu concept note?

Concept note merupakan rancangan proposal desain penelitian sederhana yang berisi judul, topik, latar bekalang, masalah, tujuan, pertanyaan dan atau hipotesis, studi literatur, kerangka teoritik, metode, serta daftar pustaka dari permasalahan sosial dan agraria yang kamu minati.

Sila simak panduan penulisan concept note di sini.

Gimana cara bikin concept note?

  1. Tentukan topik yang memuat konsep atau teori tertentu dalam kajian sosial dan agraria
  2. Tentukan masalah dan tujuan dari topik yang akan dibahas
  3. Tuliskan dalam kerangka konseptual yang sederhana
  4. Cek kesesuaian concept note yang telah kamu buat dengan panduan yang ada
  5. Dalam pembuatan concept note, kamu dapat mendiskusikannya dan berkonsultasi dengan panitia TPSA 2022

Masih ada pertanyaan yang belum terjawab di halaman ini?

Hubungi kami melalui whatsapp ARC +62 895-1399-7544.