Training Penelitian Sosial dan Agraria (TPSA) 2020

0
1416

Agrarian Resources Center (ARC) akan kembali menyelenggarakan Training Penelitian Sosial dan Agraria (TPSA) pada 14-20 Desember 2020 mendatang. TPSA merupakan salah satu bagian dari kegiatan pelatihan kajian agraria kritis ARC yang ditujukan bagi semua orang yang memiliki minat serius pada penelitian, terkhusus di bidang sosial dan agraria.

Serupa dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, TPSA kali ini pun terbuka untuk umum dan peserta akan mendapatkan pembimbingan yang intensif dari para peneliti ARC dalam menyusun desain penelitian. Adapun beberapa topik yang akan dibahas, di antaranya: (1) Prinsip, Filosofi dan Logika Penelitian Sosial & Agraria, (2) Studi Agraria Kritis, (3) Perumusan Masalah Penelitian, (4) Menentukan Metode Penelitian, dan (5) Teknik Penyusunan Disain Riset.

Persyaratan

  1. Membuat concept note yang berisi ide/rencana penelitian dengan memenuhi kaidah-kaidah berikut:
    a. Memuat tujuan, masalah, dan kebaruan dalam rencana penelitian yang akan disusun.
    b. Tulisan harus memasukkan dan membahas konsep tertentu dalam kajian agraria kritis, contohnya land tenure sytem, land grabbing, extraktivisme, akumalasi primitif, transisi agraria, reforma agraria, diferensiasi kelas, penyingkiran masyarakat, kemiskinan di pedesaan, ketimpangan agraria, kedaulatan pangan, gerakan agraria, dsb.
    c. Ditulis dalam 500-750 kata (Catatan: calon peserta disarankan mendiskusikan pembuatan concept note terlebih dahulu sebelum mengisi aplikasi, melalui narahubung yang tertera pada poster).
  2. Mengisi formulir pendaftaran pada pranala berikut: bit.ly/pendaftaranTPSA2020
  3. Membayar commitment fund sebesar Rp150.000,-  jika dinyatakan lolos sebagai peserta, dan akan dikembalikan jika peserta menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan.

Jadwal Penting

  • Masa pendaftaran : 7 November-1 Desember 2020
  • Pengumuman hasil seleksi : 7 Desember 2020
  • Pelaksanaan : 14-22 Desember 2020

Informasi Tambahan

  • TPSA 2020 diselenggarakan secara luring (offline) bertempat di Perpustakaan ARC dan secara daring (online) melalui aplikasi Zoom.
  • Kuota peserta luring dibatasi hingga 8 orang, sedangkan peserta daring terbatas bagi 12 orang.
  • Peserta luring diharuskan membawa hasil tes covid non-reaktif atau negatif yang masa berlakunya mencakup waktu pelaksanaan training. Penyelenggara tidak menanggung akomodasi, transportasi, dan konsumsi.
  • Mendapatkan bimbingan secara intensif dari para peneliti ARC dalam menyusun desain penelitian.
  • Peserta yang dinyatakan menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan akan mendapatkan e-certificate.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi kami melalui:

Telepon: 022 723 7795
Email: arc.indonesia@gmail.com
WhatsApp: 0895 3765 58210 (ARC) / 0821 2691 3814 (Akbar)