Pariwisata, Pembangunan dan Keadilan Agraria di Flores

0
633
Dokumentasi ARC

Divisi Riset dan Publikasi Sunspirit for Justice and Peace

Tulisan ini merupakan laporan pertama Penelitian Lintas Lembaga untuk Manggarai Barat. Meliputi kejadian dari akhir tahun 2015 sampai dengan Mei 2016 dengan fokus masalah pencaplokan sumber daya terkait dengan turisme dan pembangunan di daerah Manggarai Barat dan sekitarnya.

Sudah cukup lama masyarakat Manggarai Barat bergumul dengan persoalan-persoalan pencaplokan sumber daya terkait dengan turisme dan pembangunan pada umumnya; di mana masyarakat setempat terancam kehilangan kepemilikan, akses dan manfaat dari sumber daya seperti tanah, air, pantai/kawasan pesisir, ekosistem laut, dan lahan pertanian. Pencaplokan itu tidak semata-mata terjadi lewat kekerasan dan pemaksaan, tetapi lewat klaim-klaim kepemilikan, jual beli, dan lewat pengaturan hukum, dan privatisasi sumber daya publik.

Dalam menghadapi pergumulan itu, usaha untuk memahami persoalan lewat penelitian dalam perspektif hak asasi manusia dan keadilan sosial, mutlak diperlukan. Karena itu, inisiatif kerja sama penelitian lintas lembaga sudah dilakukan sejak bulan April tahun ini, yakni antara lembaga Sunspirit for Justice and Peace, Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), dan Agrarian Resources Center (ARC). Bersama-sama dengan komunitas-komunitas lokal, penelitian tersebut mengusung model participatory action research. Masyarakat didorong menjadi peneliti terhadap berbagai isu sosial seputar pembangunan dan mendorong advokasi terhadap berbagai persoalan tersebut.

Penerbitan serial kajian “Pariwisata, Pembangunan, dan Keadilan Agraria di Flores“ ini adalah bagian dari upaya mendiskusikan dan menyebarluaskan temuan dan refleksi terhadap berbagai isu seputar pembangunan pariwisata dan persoalan pencaplokan sumber daya publik di Kabupaten Manggarai Barat. Pada edisi pertama serial kajian bulanan ini, secara khusus masalah-masalah pencaplokan dalam kawasan Taman Nasional Komodo, masalah pertanian, dan studi kasus pencaplokan menjadi sorotan utama. Serial kajian ini akan menampung tulisan dari berbagai pengamatan, analisis, dan refleksi masyarakat lokal dan semua orang yang menaruh perhatian terhadap isu-isu pembangunan dan pencaplokan sumber daya publik.

Akhirnya, besar harapan bahwa serial kajian ini mampu mendorong semangat peruban yang mencerminkan nilai-nilai keadilan sosial dan penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia.

File dapat diunduh di sini.