Frequently Asked Questions (FAQ) Pelatihan CASI 2021

0
282

Halo, kawan-kawan!

Bagi yang belum mendaftar karena masih bingung dengan persyaratan, cara mendaftar, dan gambaran terkait pelaksanaan Critical Agrarian Studies of Indonesia (CASI), ARC menyediakan rangkuman informasi yang disajikan melalui frequently asked questions (FAQ) berikut ini.

Apa saja rangkaian kegiatan CASI?

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pelatihan CASI 2021 akan terdiri dari pemaparan materi dan diskusi lima topik besar kajian agraria kritis. Bedanya, CASI tahun ini akan diselenggarakan selama tujuh hari secara daring (online) dan luring (offline). Pemateri dalam diskusi-diskusi itu adalah para peneliti ARC. Di akhir beberapa pemaparan, akan ada sesi wrap-up untuk memperjelas dan menarik benang merah dari diskusi di sesi sebelumnya. Seminggu sebelum pelatihan dimulai, peserta akan mendapatkan handbook (buku pegangan) berisi ringkasan materi dan daftar bacaan. 

Penyelenggaraan CASI 2021 dilaksanakan secara luring & daring. Apa dan bagaimana maksudnya?

Seperti Pelatihan CASI sebelum-sebelumnya, CASI 2021 akan digelar di Perpustakaan ARC. Namun, pandemi mengharuskan kita turut mencegah penularan virus, salah satunya dengan menjaga jarak. Karenanya, panitia membatasi jumlah orang yang bisa hadir di Perpustakaan ARC. Agar peserta yang tidak bisa hadir di Perpustakaan ARC tetap bisa terlibat, panitia akan menggelarnya secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

Di formulir pendaftaran, calon peserta dapat memilih apakah akan mengikuti CASI 2021 secara luring atau daring. Bagi yang memilih luring, harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Wajib melakukan tes cepat (rapid test) antibodi/antigen—sesuai aturan pemerintah—minimal dua (2) hari sebelum pelaksanaan CASI 2021 dimulai;
  • Wajib menjaga jarak, memakai masker, membawa hand sanitizer, dan membawa botol air minum sendiri, meskipun panitia akan tetap menyediakan masker dan hand sanitizer selama penyelenggaraan CASI.

Siapa saja yang dapat mendaftar CASI 2021?

CASI 2021 dibuka untuk umum, siapa saja yang memiliki fokus dan tertarik pada kajian sosial dan agraria. Aktivis mahasiswa, gerakan rakyat, NGO, dll, bisa mendaftar.

Jumlah peserta dibatasi. Para pendaftar akan diseleksi panitia berdasarkan jawaban yang pendaftar tulis di formulir pendaftaran.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar CASI 2021?

1)    Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diakses melalui tautan berikut: bit.ly/casi2021
2)    Pastikan biodata dan pertanyaan terjawab semua.
3)    Disarankan untuk mendiskusikan kesesuaian jawaban atas pertanyaan yang ada di formulir elektronik dengan cara menghubungi narahubung yang tersedia.
4)    Mendaftarlah sebelum tanggal 28 Februari 2021, jam 23.45.
5)    Peserta “harus” mengalokasikan waktu selama 7 hari (15-21 Maret 2021) agar bisa mengikuti seluruh rangkaian CASI 2021.

Harus bayar?

Hanya ada satu kata untuk hal ini: Gratis!

Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Commitment fund? Itu lain cerita.

Apa itu commitment fund?

Commitment fund merupakan sejumlah uang yang wajib dibayarkan peserta terpilih, sebagai jaminan atau bukti komitmen akan menghadiri/mengikuti seluruh kegiatan CASI 2021. Jangan khawatir, seluruh acara ARC sebetulnya tidak berbayar. Karena itu commitment fund akan dikembalikan kepada peserta yang mengikuti Pelatihan CASI 2021 hingga selesai.


Informasi lebih lanjut, hubungi kami via email casi.arcindonesia@gmail.com atau via WhatsApp 0895-3765-58210 (Vita).