Training Penelitian Sosial dan Agraria (TPSA) 2018

0
1705

Agrarian Resources Center (ARC) akan kembali mengadakan Training Penelitian Sosial dan Agraria (TPSA) pada 18-24 Juli 2018. Pelatihan ini ditujukan bagi semua orang yang mempunyai minat serius pada penelitian, terkhusus di bidang agraria. Tujuan TPSA ini tidak terlepas dari misi ARC untuk menyediakan informasi, dokumentasi, dan analisis kritis tentang permasalahan agraria di Indonesia.

Pelatihan yang sama pertama kali diselenggarakan tahun 2016 dan berlanjut sampai tahun 2017. Kala itu namanya Training CASI Basic-Penelitian Tingkat Dasar. Tahun ini, ARC mengubah nama pelatihannya menjadi TPSA. Walau berganti nama, materi yang disediakan hampir sama dengan pelatihan-pelatihan sebelumnya.

Enam topik utama akan dibahas dalam TPSA. Pertama, prinsip, filosofi, dan logika penelitian sosial. Topik ini berisikan syarat-syarat dasar penelitian sosial dan agraria. Kedua, studi literatur sebagai alat bantu untuk menemukan landasan penelitian.

Ketiga, masalah penelitian. Peserta diarahkan agar bisa merumuskan pertanyaan dari gejala-gejala sosial yang hendak dijadikan penelitian. Keempat, metodologi penelitian sebagai cara untuk mendapatkan data terkait penelitian yang hendak dilakukan.

Kelima, Participatory Action Research (PAR). Secara umum, metode PAR ini diawali dengan menemukan tema kunci atau daftar isu terlebih dahulu di satu wilayah dan memperdalamnya melalui studi pustaka, wawancara, serta focus group discussion (FGD).  Keenam, proses perumusan desain penelitian. Peserta akan diberi contoh desain penelitian beserta studi kasusnya.

Keenam materi itu akan dipaparkan selama tiga hari berturut-turut. Peserta diharapkan bisa mengetahui dasar-dasar penelitian dari materi beserta modul yang telah disediakan ARC. Setelah mendapatkan surat penerimaan menjadi peserta TPSA, peserta diharuskan memiliki desain penelitian di bidang agraria. Karena di hari keempat sampai ketujuh, peserta akan dituntut membuat desain penelitian kemudian mendiskusikannya di depan peserta yang lain.

Apabila ada desain penelitian dari peserta TPSA yang sesuai dengan tujuan ARC dan perlu dilakukan penelitian lanjutan, maka ARC akan memilih maksimal lima orang yang akan didanai dan dibimbing untuk menyelesaikan penelitiannya.

Jika kawan-kawan berminat mengikuti TPSA, silakan segera daftarkan diri sebelum pendaftaran ditutup tanggal 7 Juli 2018. Untuk mengikuti TPSA, peserta sama sekali tidak dipungut biaya. ARC juga tidak memberikan biaya pada peserta. Apabila peserta berasal dari tempat yang jauh, peserta diperbolehkan menginap di sekretariat ARC.**

 

Catatan:

Formulir pendaftaran

Pendaftaran terakhir tanggal 7 Juli 2018.